Kamis, 30 Juni 2016

TURORIAL PAINT TOOL SAI UNTUK PEMULA

TURORIAL PAINT TOOL SAI UNTUK PEMULA

Assalamualaikum wr. Wb
Paint tool sai adalah sebuah aplikasi berbasis Art yang biasah digunakan untuk membuat Fanart, OC ( original character ), komik, dan lain lain yang berhubungan dengan grafis Art . Aplikasi ini tidak begitu terlalu sulit untuk digunakan itu juga tergantung dari anda apakah anda bisa tekun bermain SAI atau tidak, seperti  kata pepatah “ Pisau akan tumpul bila tidak pernah diasah” , mungkin gambaran seperti itulah yang dapat saya tunjukan kepada anda agar mudah dipahami =D .
Disini saya akan membagikan ilmu saya kepada kalian yang masih baru mengenal aplikasi paint tool SAI agar kalian juga dapat menjalankannya. Agar kalian bisa menggunakan aplikasi ini akan lebih baik mengenal tool – tool yang sering digunakan dalam mensket gambar kalian. Kenapa saya memilih mengenalkan tool – toolnya ?, karena menurut saya itulah yang tepat terlebih dahulu kalian pahami tentang aplikasi ini .
Pada umumnya tool ini tidak terlalu beda jauh dengan aplikasi berbasis art lainya, kalau yang saya tahu seperti manga studio, paint (yang telah terdapat pada OS windows), Corel draw, dan Adobe illustrator .
Langsung saja kita perkenalan dulu pada tool – tool yang biasah digunakan untuk mensket / menggambar,silahkan disimak dengan seksama



 Keterangan
1.       Dalam nomor 1 ini adalah awal untuk kalian menggambar, terdapat 10 tool dalam tab ini namun saya menerangkan 5 tool saja, karena itu sudah cukup untuk kalian pahami terlebih dahulu .
·         New layer > digunakan untuk membuat layar baru pada canvas, jika anda menggunakan layer terdapat tool – tool (ada dinomor 2) yang sangat cocok digunakan dengan hardwere touchpaint. Namun kalau anda ingin menggunakan hardwere ini harus membelinya terlebih dahulu dengan harga sekitar 2 juta
·         Linework > disini terdapat tool curve dan line yang mempermudahkan kita untuk untuk mensket tanpa menggunak touchpen. Namun hasilnya pasti berbeda dengan yang menggunakan touchpaint
·         New layer set > digunakan untuk menfolderkan layer dan linework agar lebih teratur
·         Delete layer > digunakan untuk menghapus layer2
·         Clear layer > digunakan untuk menghapus total line yang telah terdapat pada canvas
2.       Tab nomer dua ini adalah isi dari tool layer. Disinilah juga tempat pewarnaan yang tepat, karena terdapat banyak tool brush, bucket ( untuk menumpahkan warna ), dan select (untuk menyeleksi bagian mana yang ingin diwarnai.
3.       Sedangkan ditap nomer 3 adalah isi dari tool linework layer, terdapat tool2 yang memungkinkan kita untuk menggaris, memperbesar mengecilkan line, mewarnai line dll.
4.       Di tap advanced settings ini bergunak untuk memilih ukuran line dari yang terkecil sampai yang terbesar .
5.       Tadi telah mengetahui caranya mewarnai, sekarang dalam tab 5 ini berisi tentang berbagi macam warna, menyeleksi warna, menyimpan warna dll.
6.       Dalam tap yang terakhir ini berisikan tentang mengotak atik canvas, dari rotate,undo, redo dan lain yang berhubungan dengan canvas.
Setelah kita mengenal tool yang terdapat pada SAI, akan lebih mudahnya lagi kita menggunakan keyboard shortcuts / yang biasah terdengar ditelinga kita adalah tombol kombinasi. Nah sekarang untuk mengecek berbagi macam shortcuts yang terdapat dalam SAI silahkan anda tinggal

Klik, Other (O) > keyboard shortcuts (K)..




Perhatikan gambar baik – baik .

Nah itulah mungkin yang harus kalian ketahui dulu mengenai aplikasi paint tool SAI. Belajar itu secara perlahan – lahan tidak langsung harus bisa, itulah yang dikatakan oleh salah satu guruku di SMA .
Sekian dulu yang dapat saya bagikan kepada anda tentang pengenalan aplikasi paint tool SAI. Bila ada salah kata saya mohon maaf sebesar besarnya karena pada hakikatnya manusia tidak lepas dari kesalahan  =D .

Wasalamualaikum Wr.Wb 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar